Kamis, 15 Maret 2012

BBM BUAT MUSLIMAH












Sahabat saudaraku fillah..Yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, tidak bisa dipungkiri, masyarakat saat ini mengarahkan perhatiannya kepada masalah BBM. Bahkan saking serunya sampai-sampai elit bangsa ini, dibuat sorotannya tertuju hanya kepada BBM, baik dampak yang ditimbulkannya maupun segala apresiasi dari semua lapisan anak bangsa ini.Meskipun demikian terlepas dari semua masalah BBM,disini yang kami coba paparkan bukanlah masalah BBM yang diatas,melainkan BBM = “(Berakhlaq Baik Muslimah)”.

Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa wanita sholehah karena kemuliaan akhlaqnya, sehingga menyandang predikat perhiasan dunia yang paling indah, dan sejak awal kejadianya wanita diciptakan, oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dari bagian tulang rusuk laki-laki yang bengkok (Nabi Adam Alaihi Salam), bengkok bukanlah menunjukkan kelemahan,bengkok juga tidaklah menunjukkan bahwa wanita bengkok (jelek),hanya menunjukkan masalah fungsi ,karena laki-laki dan wanita memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam bahasa Arab bengkok juga dapat diartikan dan bermakna Perasaan, kata hanaa’ artinya bengkok juga mengandung makna sayang,kata athfun artinya berlenggag-lenggok saat berjalan, mengandung makna pengasih dan penyayang.

Islam menaruh perhatian khusus kepada wanita,yaitu harus di perlakukan dengan baik, agar jiwanya terbangun dengan kasih sayang dan kesabaran. Kasih dan sayang sepanjang waktu ,dalam mendampingi anak-anaknya dan keluarganya, dengan demikian sesuai dengan fitrahnya, wanita dari tulang rusuk laki-laki yang bengkok, karena dekat dengan tangan perlu perlindungan dan bimbingan, sehingga tidak tejatuh dan tergelincir ke lembah dosa.

Wanita adalah incaran utama godaan syaithan,sehingga perlu ditunjukkan neraka, agar terhindar dari siksaan-Nya . ’ Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, menganjurkan kita khususnya kaum adam untuk selalu memperlakukan wanita dengan baik,dan saling berpesan berkenan dengan wanita.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :

“Dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu’Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : Saling berpesanlah kalian untuk memperlakukan wanita dengan baik, karena sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah bagian atasnya.Jika engkau bersikeras untuk meluruskannya, niscaya engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau biarkan, ia akan tetap bengkok,karenanya saling berpesanlah berkenan dengan wanita.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Sahabat saudaraku fillah dari sekian banyak, akhlaq mulia wanita sholehah, ada satu BBM (Berakhlaq Baik Muslimah), yang pelu mendapat perhatian yaitu kewajiban menutup Aurat. Dalam ajaran Islam menutup aurat adalah hukumnya wajib, sejajar dengan ibadah wajib lainya yaitu shalat,shaum pada bulan ramadhan,dll.Kewajiban menutup aurat bagi muslimah tercantum dalam kitab suci Al Qur’an yaitu :

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :

“Dan Katakanlah kepada para Wanita yang Beriman,agar mereka menjaga pandangannya,dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang biasa terlihat.Dan hendaklah menutup kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya),Kecuali kepada suami mereka,ayah mereka,putra-putra mereka,putra-putra suami mereka,saudara laki-laki mereka,putra-putra saudara laki-laki mereka,putra-putra saudara wanita mereka,para wanita (sesama Islam) mereka,hamba sahaya yang mereka miliki,para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita),anak-anak yang belum mengerti aurat wanita,Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang disembunyikan, dan Bertaubatlah kalian orang-orang yang beriman agar kalian Beruntung.”(QS. An Nur : 31).

Ayat yang terkandung dalam Al Quran diatas,memberi gambaran yang jelas,bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala’ menganjurkan dan memerintahkan agar wanita beriman,menjaga pandangannya,tidak memperlihatkan auratnya kecuali, kepada mahramnya,dan juga diperintahkan agar memakai kerudung agar menutupi dadanya.Kewajiban menutup aurat dan memakai kerudung juga terdapat dalam ayat lain yaitu :

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman :

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu,dan istri-istri orang mukmin’Hendaklah mereka menutupkan jilbanya keseluruh tubuh mereka’Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali,sehingga mereka tidak diganggu.Dan ALLAH Maha Pengampun,Maha Penyayang”.(QS. Al Ahzab : 59).

Ayat diatas merupakan penegasan, bahwa setiap muslimah wajib menutup auratnya,dengan menutup aurat juga merupakan wujud BBM (Berakhlaq Baik Muslimah), kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, disamping itu juga memberikan rasa aman, karena ada hikmah positif yang dapat diraih,dengan tidak diganggu dengan hal-hal yang bermuara kepada negatif.

Saudariku Muslimah yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala,dimanapun berada Bismillah yang belum sempat menutup aurat,mulai sekarang ikhtiar memulai,dan hendaklah berpegang teguh pada ajaran Islam,yang telah disediakan untuk membentengi aqidah kita dari kesesatan,dan hendaklah kita menyadari bahwa kesempatan nikmat hidup adalah amanat Allah Subhanahu wa Ta’ala,yang harus kita pelihara dan tunaikan,agar bisa mencapai kebahagiaan di dunia maupun di ahirat kelak.

Sahabat-saudaraku fillah yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala,demikian untai an sederhana ini, semoga manfaat buat kita semua,’ Yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,yang kurang dan khilaf mohon sangat dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq Watawa saubil shabr “.Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala . Senantiasa menunjukkan kita pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-Nya..Aamiin Allahum Aamiin.

❀.•❤•Walhamdulillah Rabbil’alamin •❤•.❀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar