Senin, 12 Maret 2012

MEMURNIKAN KEIKHLASAN


















Sahabat Saudaraku fillah yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala.. sesungguhnya salah satu unsur terpenting dan utama dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah Ikhlas. Ikhlas merupakan sikap yang mencerminkan dan menyertai amal perbuatan manusia karena nilai amal seseorang diberi ganjaran menurut kapasitas niatnya.


Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :


“ALLAH tidak akan menerima amalan, melainkan amalan yang IKHLAS dan hanya mencari keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Ibnu Majah).
Ikhlas menurut Imam Abu Al Qashim Al Qusyairi”adalah memurnikan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan menyengaja melakukan suatu ibadah kepada-NYA ditujukan untuk bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala tanpa ada unsur lainnya.


Saudaraku..amal kebaikan yang kita kerjakan hendaklah hanya untuk mengharap keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan memurnikan niat dalam qalbu kita ditujukan hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala terlepas dari seluruh faktor selain-NYA. 
Pada hakikatnya bila seorang muslim sepanjang hidupnya melakukan amal kebaikan dan menyerahkan dirinya secara total kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan niat Ikhlas dan hanya mengharap keridhaan-NYA, maka setiap gerak,diam,tidur dan terjaganya akan menunai pahala dan ia pun selalu menikmati kedamaian dan ketentraman karena ia merasa tidak sia-sia atas apapun yang ia lalukan.


Saudaraku..dengan memiliki jiwa yang ikhlas kita akan merasa ringan dalam melakukan berbagai aktifitas kebaikan karena hanya Allah yang menjadi tujuan.Ikhlas akan membuat jiwa kita merdeka karena tidak terbelenggu oleh pengharapan akan pujian dan penghargaan, serta tidak akan surut semangat karena celaan dan cemoohan.Semoga dengan jiwa ikhlas yang tertanam dalam diri kita akan membuat pribadi kita bertambah kuat dalam menghadapi berbagai romantika kehidupan.


Semoga bermanfaat sebagai renungan kita bersama,,selamat menunaikan aktfitas saudara-saudariku seiman..mudah-mudahan kita semua sehat walafiat,lapang rezeki,dimudahkan segala urusan,dan semoga pula senantiasa selalu di tunjukkan terhadap sesuatu yang di ridhai dan di cintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala..
AAmiin Allahuma AAmiin…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar