Sabtu, 17 Maret 2012

Nikmat Sehat Dan Waktu Luang












Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Sahabat saudaraku filah.. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda: ”Ada dua kenikmatan yang membuat kebanyakan orang menjadi lalai,yakni kesehatan dan waktu luang”.(HR. Bukhari ).Sesungguhnya kesehatan dan waktu luang adalah nikmat maka manfaatkan keduanya untuk ibadah dan hal yang bermanfaat.Barangsiap...
a yang memanfaatkan waktu luang dan nikmat sehat dalam rangka melakukan ketaatan, maka dialah orang yang akan berbahagia.Namun sebaliknya barangsiapa memanfaatkan keduanya dalam maksiat, dialah orang yang tertipu.

Sesungguhnya sesudah waktu luang akan datang waktu kesibukan. Begitu pula sesudah sehat akan datang kondisi sakit yang tidak menyenangkan..Kita dapat merasakan nikmat sehat ketika sakit maka gunakan sehatnya badan untuk beraktifitas yang bermanfaat, sehat hati untuk memahami ayat-ayat Allah, sehat mata untuk melihat kekuasaan-Nya serta sehat telinga untuk mendengarkan ayat –ayat-Nya.Demikian pula kita dapat merasakan nikmatnya waktu luang jika kita dalam kesibukan. Maka ketika waktu luang jangan dihamburkan dengan perbuatan yang sia-sia.

Saudaraku..sudah tabiat kita tak mampu berdiam diri tanpa kegiatan.Jika kita tidak disibukkan diri dengan kebaikan niscaya kekejian yang akan menguasai perilaku kita.Maka arahkan diri untuk memiliki kegiatan yang bermanfaat agar berbuah kebaikan.Perlu kita ketahui bahwa ketika kita mampu memanfaatkan waktu sehat dan luang dalam rangka ketaatan maka pahala akan tetap mengalir ketika kita merasakan sakit dan kesibukan yang tak terhindarkan. “Apabila seorang hamba sakit atau bepergian,akan dituliskan baginya pahala seperti ketika ia sehat dan sedang bermukim.”(HR.Bukhari). Lantas bagaimana agar kita tidak lalai oleh nikmat sehat dan waktu luang ?

 ♥Bandingkan nikmat sehat ketika sakit.
 ♥Bandingkan nikmat waktu luang ketika sibuk.
 ♥Mengatur waktu sebaik baiknya.
 ♥Memilih yang terpenting diantara yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar