Selasa, 13 Maret 2012

Muslimah sejati















Assallamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Wanita adalah pelengkap kepada kaum lelaki, sekaligus memelihara keseimbangan ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Islam memandang tinggi kedudukan wanita sebagai manusia yang memiliki kemuliaan, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam salah satu hadist memartabatkan kaum wanita sholehah dalam Islam sebagai perhiasan dunia yang paling indah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda :

“Dunia ini penuh perhiasan dan perhiasan yang paling indah ialah wanita yang Sholehah.” (H.R Muslim)

Kisah-kisah wanita sholehah mengenai ketaatan kepada perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya tercantum dalam sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam :

“Ada empat wanita mulia yang juga penghulu segala wanita di dunia; mereka itu ialah Asiah binti Muzahim, isteri Firaun; Maryam binti Imran, Ibunda Isa; Khadijah binti Khuwailid, Isteri Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan Fatimah binti Muhammad, puteri kesayangan Baginda.” (HR. Bukhari)

Asiah binti Muzahim adalah simbol teladan bagi wanita beriman yang tetap mempertahankan keimanannya kepada Allah, meskipun hidup bersama suaminya, Firaun yang tidak beriman kepada Allah. Subhanahu wa Ta’ala

Maryam binti Imran adalah simbol wanita dalam ibadahnya dan ketinggian derajat ketakwaannya kepada Allah serta mampu memelihara kesucian diri dan kehormatannya ketika mengabdikan dirinya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Khadijah binti Khuwailid adalah simbol kepada isteri yang setia tanpa mengenal lelah mendampingi suaminya menegakkan panji-panji kebenaran Islam, berkorban jiwa raga dan segala harta bendanya serta rela menanggung berbagai resiko dan cobaan dalam menyebarkan risalah Islam yang diamanahkan pada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Fatimah binti Muhammad adalah simbol wanita yang sholehah,anak yang selalu taat di hadapan ayahandanya, isteri yang setia dan taat di hadapan suaminya serta ibu yang bijaksana di hadapan putera puterinya. Dialah pemuka segala wanita dan juga seorang wanita mithali yang setiap detik kehidupan yang dilaluinya, sepantasnyalah dijadikan tauladan Wanita Muslimah.

Muslimah sejati ialah wanita yang meyakini Allah Subhanahu wa Ta’ala ,sebagai Rabb-Nya dan Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai Nabinya,dan Islam sebagai Agamanya.Kriteria muslimah sejati diantaranya yaitu :

a. Muslimah sejati ialah wanita yang sangat mencintai Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya. Serta mentaati setiap perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya.Dia rela mengorbankan dirinya,hartanya dan anak-anaknya,serta apa saja yang dimiliki nya demi menolong agama Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya agar tegak di muka bumi ini.

b. Muslimah sejati ialah wanita yang memiliki ketaqwaan,kekhusyu'an,selalu beribadah,dan selalu menjaga kewajiban-kewajibannya.Selalu istiqamah dalam amal-amal shaleh nya. Menjauhi perkara yang di haramkan Nya,semata-mata takut kepada kemurkaan dan takut akan pedihnya azab Allah Subhanahu wa Ta’ala.
c. Muslimah sejati ialah wanita yang selalu mendidik anak-anaknya agar mentaati Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya, mengajarkan kepada mereka aqidah (keimanan) yang benar. Menanamkan ke dalam jiwa mereka kecintaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya, serta menjauhkan mereka dari perbuatan – perbuatan maksiat dan akhlak-akhlak tercela.

d. Muslimah sejati adalah wanita yang selalu bersemangat dalam menuntut ilmu,semangat dalam mengamalkan ilmu nya,dan semangat dalam mengajak orang lain agar mengamalkan ilmunya,sehingga kesan keimanan terlihat pada ucapan nya,amalan nya,dan sikap nya.

e. Muslimah sejati ialah wanita yang selalu teguh bagaikan gunung dalam menghadapi berbagai ujian dan kesusahan dalam kehidupan dunia.Tidak pernah goyah hatinya ketika menghadapi berbagai kesusahan dan kesulitan dunia, bersikap dan selalu bersikap zuhud terhadap dunia.Keimanan tertanam di dalam hatinya, sehinga dia selalu mengharapkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, atas setiap musibah yang menimpanya.

f. Muslimah sejati ialah wanita yang selalu mentaati suaminya. Dia selalu bersikap lembut dan kasih sayang kepada suami nya, mengajak kepada hal-hal yang baik, dan selalu melakukan hal-hal yan menyenangkan suaminya. Tidak berbicara kasar dihadapan suaminya dan tidak bersuara keras,ketika berbicara dihadapan suaminya.

SubhanALLAH, wanita sholehah karena kemuliaan akhlaqnya adalah sebagai perhiasan dunia yang paling indah. Demikian beberapa kriteria wanita muslimah sejati,, Mudahan-mudahan untaian sederhana diatas manfaat buat kita semua, yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,yang kurang dan khilaf mohon sangat dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq Watawa saubil shabr “.Semoga pula Allah Subhanahu wa Ta’ala . senantiasa menunjukkan kepada kita semua pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-Nya..Aamiin Allahu ma’amiin. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar