Selasa, 13 Maret 2012

Ilmu Adalah Cahaya












Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sahabat saudaraku fillah.. Setiap insan di dunia ini memiliki potensi kecerdasan sesuai dengan bidang keahliaannya. Memiliki kecerdasan memang sebuah kebanggaan bagi diri, keluarga maupun masyarakat di sekitar kita. Kecerdasan karena ilmu yang dimiliki sesungguhnya adalah karunia Ilahi maka tak layak sekiranya kita...
menyombongkan diri .Jangan sampai kebanggaan itu menjadikan kita lupa kepada Allah yang telah memberikan kemampuan kepada kita hingga seperti sekarang ini.

Selagi masih ada kesempatan mari perbaiki niat kita dalam menuntut ilmu yakni mencari ridha Allah.Sehingga jika niat kita telah benar maka akan selalu terjaga dari sesuatu yang mendatangkan murka-Nya. Kecerdasan akan menjadi hampa dan tak bernilai apa-apa jika hanya untuk kepuasan diri semata. Oleh karenanya seberapapun ilmu yang kita miliki hendaklah bisa memberi nilai manfaat baik bagi diri dan sesama.Ibnu Mas’ud Radhiallahu Anhu berkata bahwasannya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :”Tidak boleh ada cita-cita untuk mendapatkan nikmat seperti orang lain kecuali dalam dua hal yaitu terhadap orang yang dikararuniai harta oleh Allah kemudian dia pergunakan untuk membela kebenaran dan terhadap seseorang yang dikaruniai ilmu pengetahuan kemudian dia mengamalkan dan mengajarkannya.”(HR.Bukhari dan Muslim).

Subahanallah..sesungguhnya hidup ini akan terasa indah manakala kita bisa menjadi cahaya bagi orang lain yang berada dalam kegelapan serta menjadi jarum kompas bagi orang yang sedang berada dalam kebingungan. Begitu pula hidup akan terasa indah manakala kita memiliki ilmu lantas mengamalkan dan mengajarkan kepada yang membutuhkan. Ilmu yang diamalkan dan diajarkan laksana lampu yang terus hidup yang akan menerangi seluruh sisi dan penjuru. Sejatinya ketika kita membimbing orang lain berjalan menuju terang kebaikan itupun akan kembali kepada diri kita.“ Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri...”(QS. Al – Isra : 7).Ilmu adalah cahaya mari kita raih cahaya itu untuk menerangi kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar