Rabu, 29 Februari 2012

Sifat Pemurah adalah Akhlaq Terpuji


Sahabat saudaraku fillah..Sesungguhnya sifat pemurah adalah salah satu akhlaq terpuji yang selayaknya kita miliki sebagai muslim sejati. Sifat pemurah dalam arti suka memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Sebaik-baiknya orang adalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain, salah satunya bersedekah sesuai dengan kemampuan kita. 
Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : 


“ Setiap muslim harus bersedekah.Para sahabat bertanya,’Wahai Nabi Allah, bagaimana dengan orang yang tidak memiliki harta? Beliau menjawab : Bekerjalah dengan tangannya sehingga ia bermanfaat bagi dirinya lalu bersedekah. Mereka bertanya lagi, ‘Bagaimana kalau dia tidak punya? Beliau menjawab: Membantu orang yang membutuhkan dan yang minta pertolongan. Mereka bertanya lagi ,’ Kalau tidak bisa? Beliau menjawab: Hendaklah dia melalukan kebajikan dan menahan diri dari kejahatan, karena keduanya merupakan sebaik-baik sedekah baginya.” ( HR. Bukhari ).

Subhanallah..ternyata Islam begitu indah , menganjurkan umatnya memiliki sifat pemurah dengan rela berbagi melalui sedekah sesuai dengan kemampuan kita. Jika memiliki harta hendaklah sedekah dengan harta. Jika tak mampu hendaklah sedekah dengan tenaga. Namun jika tak mampu hendaklah sedekah dengan amal kebajikan dan tidak berbuat kejahatan yang merugikan orang lain.

Saudaraku..ada beberapa keutamaan sedekah yakni ;

1.Mendapatkan balasan dan pahala yang banyak

“ Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (balasannya )kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”( QS. Al-Hadid: 18).

2.Mendapatkan ampunan, dijauhkan dari azab neraka dan dicintai Allah 


Meskipun kita sudah berusaha baik tetap saja tak luput dari kesalahan dan dosa. Agar dosa kita diampuni dan dicintai Allah hendaklah kita bersedekah. “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabb-mu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,( yaitu ) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan ( kesalahan ) orang. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan.”( QS. Ali-Imran : 133-134 ).

“Jauhkanlah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan ( sedekah ) sebutir kurma.”( HR.Bukhari dan Muslim).

3.Lebih dekat kepada Allah dan sesama manusia

Orang yang dermawan disenangi Allah dan sesama manusia .” Orang yang dermawan dekat kepada Allah, dekat kepada manusia dan dekat kepada surga. Seseorang yang kurang pandai tapi dermawan lebih disukai Allah dari pada orang yang alim(tekun ibadah) tapi kikir.”(HR.Thabrani ).

Saudaraku..tanamkan dalam diri kita pribadi yang pemurah dengan berbagi kebaikan kepada saudara kita yang membutuhkan dengan ikhlas hanya mengharap ridha Allah semata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar