Sabtu, 03 Maret 2012

Menyikapi Kegagalan











Sesungguhnya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, maka jika tak ingin terus tertunda berdo’alah, berusaha dengan maksimal , tawakal dan carilah penyebabnya agar kita dapat mengambil pelajaran darinya.Kegagalan hari ini bukanlah berarti akan gagal esok hari, kegagalan hari ini bukan ...akhir dari perjuangan diri dan kegagalan hari ini akan memicu semangat agar lebih berhati-hati melangkah dalam menghadapi hidup agar tak terulang lagi. Kegagalan bukanlah sebuah kehancuran,tetapi sebagai batu loncatan untuk keberhasilan. Kegagalan melakukan usaha masih lebih baik dari pada tidak pernah gagal karena tak pernah berusaha. Jangan terus- menerus meratapi kegagalan, segera bangkit dan menerima dengan lapang dada karena yakin akan ada hikmahnya.

Saudaraku..memang kegagalan itu menyakitkan hati. Apalagi jika sudah dirumuskan dengan matang sejak jauh hari. Tapi kita hanya manusia yang tanpa daya jika Allah tak menghendakinya. Supaya timbul semangat lagi jika pernah mengalami kegagalan langkah berikut ini semoga bisa membesarkan hati ;

1.Yakin bahwa Allah menguji daya tahan kita dengan berbagai cobaan agar menjadi muslim yang tangguh dalam menghadapi kehidupan.
 

2.Yakin bahwa Allah mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Dia tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. " Boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui. " ( QS. Al- Baqarah: 216).

Dengan kegagalan mungkin Allah bermaksud mengingatkan agar kita tidak lalai dengan perintah-Nya dan agar kita meningkatkan amal sholeh.

3.Sadar bahwa segala usaha ada akibat atau resiko yakni berhasil atau gagal. Namun harus yakin bahwa Allah Maha Adil tak mungkin Dia membiarkan hamba-Nya yang sudah berusaha dengan sungguh-sungguh dan bertawakal kepada-Nya.

4.Jika kegagalan menghadang tetap jaga hati untuk bersabar dan jika keberhasilan menyapa tetap jaga hati untuk bersyukur dan tidak menyombongkan diri.

5. Sadar bahwa bukan hanya kita saja yang pernah mengalami kegagalan. Dan tanamkan dalam diri bahwa kegagalan dan keberhasilan adalah hal yang wajar dalam setiap perjuangan.

6.Hanya orang yang pernah mengalami kegagalan yang bisa menikmati kesuksesan. Kita dapat merasakan nikmatnya sukses jika kita pernah merasakan pedihnya kegagalan. Dengan adanya kegagalan kita dapat menikmati kesuksesan dengan rendah hati karena menyadari segalanya atas karunia Illahi. Demikianlah saudaraku..semoga untaian ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar