Sabtu, 03 Maret 2012

Wanita Ingin Dimengerti











Sahabat saudaraku fillah..sungguh membahas persoalan wanita ibarat mengarungi lautan tak bertepi dan laksana menyelami samudra yang dalam. Betapa tidak,begitu banyak pernik yang unik dan menarik untuk dikaji dan dihayati. Wanita dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tetap memiliki daya tarik dan... pesona tersendiri. Wanita adalah lambang pesona keindahan dunia jika ia menghiasi diri dengan iman, ilmu dan akhlaq yang terpuji .

Namun wanita juga ibarat tulang rusuk yang bengkok, ini menggambarkan bahwa wanita itu sensitif sehingga jika ingin memperbaiki kesalahannya hendaklah dengan lemah lembut dan bijak sehingga ia mampu memunculkan dan mengembangkan sisi kebaikan yang ada pada dirinya. Akan tetapi jika kita menegurnya dengan cara yang kasar dan memaksa maka dia akan mudah patah hati dan menimbulkan keretakan hubungan. Saudaraku, mari kita renungkan:

“Terimalah wasiat tentang memperlakukan kaum wanita(istri) dengan cara yang baik.Karena sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok.Dan, sesuatu yang paling bengkok adalah sesuatu yang terdapat pada tulang rusuk yang paling atas.Jika hendak meluruskannya dengan paksa tanpa hati-hati, maka kalian akan mematahkannya. Sedang jika kalian membiarkannya, maka ia akan tetap bengkok.Oleh karena itu terimalah wasiat memperlakukan wanita dengan baik.”(HR.Ahmad dan al-Hafidz al-Iraqi).

“Sesungguhnya kaum wanita itu adalah saudara kaum pria, maka sayangilah mereka sebagaimana kalian menyayangi diri kalian sendiri.”(HR.Abu Daud dan Tirmidzi).

Saudaraku..jika seorang pria telah atau hendak mengarungi bahtera rumah tangga hendaklah memahami karakter dasar wanita yang memang sensitif. Untuk itu para pria bersiaplah untuk bersikap lapang dada,mudah memaafkan dan menahan amarah manakala menjumpai sifat wanita yang kurang disukai karena di balik itu tentu ada sifat lain yang ia senangi. Kaum pria hendaklah mawas diri jika mendapati wanita atau istri sesekali timbul luapan emosi yang kurang berkenan di hati maka hadapilah dengan sabar dan bermurah hati tanpa bereaksi yang serupa. Karena ia hanya seorang wanita yang pada dasarnya mempunyai sisi baik dan sisi buruk sebagaimana dirinya. Karena sesungguhnya ia hanya wanita yang ingin dimengerti dan dihargai atas kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri.Namun perlu disadari bahwa sifat sensitif itu tak selamanya merugikan. Karena dengan sifat itu wanita memiliki kelembutan dan kasih sayang untuk merawat anak dan setia mendampingi suami.Jika para pria memahami hal ini dengan tetap mendampingi,membimbing dan mendidik wanita atau istri dengan sebaik-baiknya maka kebaikan itupun akan berpulang kembali kepada dirinya. Sehingga binar pesonanya dapat mengkilaukan dunia yang setiap saat dapat merekah menghiasi bumi pertiwi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar