Minggu, 04 Maret 2012

Jangan Berhenti Belajar














Sahabat saudaraku fillah..dalam diri manusia terdapat tiga potensi yang harus dipenuhi kebutuhannya. Jasmani kebutuhan utamanya makan dan minum yang halal, akal kebutuhan utamanya adalah ilmu, dan rohani kebutuhan utamanya berdzikir, bersyukur, dan beribadah wajib maupun sunnah. Akal manusia membutuhkan ilmu sebagai kekuatan berpikir yang baik dan mampu menghasilkan pemikiran yang baik. Belajarlah ilmu tentang kesehatan tubuh, ketentraman hati, kemantapan iman dan kelembutan jiwa niscaya hidup kita akan damai. Oleh karena itu menuntut ilmu wajib bagi setiap insan dan Allah akan mengangkat derajatnya.

“ Alllah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” ( QS. Al-Mujaadilah : 11)

“ Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim” ( HR. Muslim ).

Saudaraku.. kecerdasan adalah sebaik-baik perhiasan, ilmu adalah sebagus-bagus pakaian dan agama adalah sebaik-baik simpanan. Kelebihan manusia bukan hanya terletak pada rupa yang elok nan menawan melainkan pada perangai yang terpuji. Sejak dini hiasilah diri dengan ilmu dan ucapan yang santun yang bila dipupuk akan tampak lebih indah daripada untaian mutiara. Sehingga ilmu yang dimiliki akan menjadi pembimbing diri nan setia. Menuntut ilmu adalah aktifitas belajar sejak dari buaian hingga ke liang lahat. Diawali belajar mempertahankan hidup hingga belajar mengembangkan potensi yang kita miliki. Pada akhirnya hanya kematianlah yang akan menghentikan kegiatan belajar. Mengenai keutamaan ilmu Imam Ali karamallahu wajhah berkata : “ ilmu lebih baik daripada harta. Harta membuat kita sibuk menjaganya, sementara ilmu menjaga kita.”

Sungguh..belajar itu amat penting. Namun sayangnya sebagaian dari kita malas untuk belajar karena lebih suka melihat hasil akhir daripada proses. Langkah awal untuk menumbuhkan kesadaran belajar adalah menyadari bahwa kita membutuhkan ilmu dan ingin mengetahuinya. Belajar atau menuntut ilmu tak harus di bangku sekolah yang harus mengeluarkan biaya yang besar. Kita dapat belajar dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain dan berbagai ilmu yang ada di sekitar kita. Bersikaplah rendah hati dan hormat kepada orang yang telah mengajarkan kita berbagai ilmu agar bisa mendatangkan berbagai manfaat. Ilmu disebut bermanfaat jika memiliki nilai kebaikan bagi diri sendiri, sesama dan alam semesta. Yang tak kalah penting dengan ilmu yang kita miliki mampu membuat kita semakin dekat dengan Allah dan menjauhkan diri dari kesombongan karena memiliki kelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar