Jumat, 09 Maret 2012

SALAM UKHUWAH












Sesungguhnya ukhuwah ( persaudaran ) itu bukan hanya terletak pada pertemuan, bukan pada manisnya ucapan , bukan yang selalu di depan mata dan bukan pula yang selalu berada di sisi kita, tetapi dia yang setia di hati dan mengingat kita pada setiap bisikan do’anya. Bukankah salah satu do’a yang diijabah adalah do’a yang kita panjatkan untuk seseorang tetapi orang yang kita do’akan tidak mengetahui kita mendo’akannya?

Ukhuwah itu ibarat satu janji yang dibuat di dalam hati, tak dapat ditulis dan dibaca , namun tak kan terpisahkan oleh jarak dan tak kan berubah oleh waktu. Sedetik di mata akan selamanya di dalam hati. Ingatlah dalam suka dan duka, rindulah bila berjauhan, pahami jika keliru, saling menasehati bila khilaf dan saling memaafkan jika terluka.

 Saudaraku ,marilah sejenak kita renungkan..

“ Sesungguhnya orang – orang mukmin adalah bersaudara, oleh karena itu damaikanlah antara kedua saudara kalian dan bertakwalah kepada Allah supaya kalian mendapat rahmat “ ( QS. Al – Hujurat : 10 )

“ Janganlah kalian saling mendengki, saling curang, saling membenci, saling membelakangi dan janganlah sebagian kalian menjual atas penjualan sebagian yang lainnya. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara . Seorang muslim adalah bersaudara , janganlah mendhaliminya, merendahkannya dan janganlah mengejeknya. Takwa itu ada di sini. Beliau menunjuk ke dadanya sebanyak tiga kali. Cukup dikatakan jelek seorang muslim jika ia menghina saudaranya. Setiap muslim atas muslim lainnya haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya “( HR. Muslim ).

Seringkali kita berdo’a supaya Allah memberi kebaikan kepada kita. Lalu Allah memberikan pertolongan melalui pesan atau nasehat dari teman kita. Tetapi terkadang kita mengabaikan nasehat tersebut karena mungkin dikemas dan disampaikan oleh orang yang kurang kita sukai. Akibatnya nasehat tersebut berlalu begitu saja dan kita tidak mendapatkan apa – apa. Seperti sebuah pepatah, jangan lihat sebuah buku hanya dari sampulnya saja. Tapi coba buka lalu kita baca dan pahami barangkali ada manfaatnya untuk diamalkan dalam dunia nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar