Minggu, 04 Maret 2012

Mencintai Untuk Di Cinta ALLAH













❀¸.•❤•.❀ .❀.¸✿ ❀❀.•❤•*• ♥.*•

Bismillahirrahmanirrahiim..
Assallamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh


❀¸.•❤•.❀ .❀.¸✿ ❀❀.•❤•*• ♥.*•

Kebanyakan manusia memiliki visi hanya sebatas kehidupan dunia saja. Pikiran, hati, dan tindak tanduk mereka cuma untuk mengejar kesenangan lahiriah saja. Sementara orang-orang yang beriman, memiliki visi yang melampaui kehidupan dunia. Mereka sadar bahwa dunia dan seisinya akan punah pada masanya.Visi mereka tidak berhenti hanya pada dunia melainkan lebih dari itu. Visi mereka mencapai Sang Mahapencipta. Itulah visi akhirat.

Pikiran, hati, dan tindak tanduk mereka tidak diabdikan untuk mereguk kesenangan dunia saja, tetapi ingin meraih Ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mereka sadar bahwa yang abadi hanyalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dunia dan seisinya akan mereka tinggalkan lalu hancur binasa. Kita pun seharusnya demikian. Janganlah cinta kita terhenti oleh kesenangan dunia, Teruskanlah perjalanan cinta tersebut hingga menuju Sang Pencipta.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

”Barangsiapa yang menghendaki pahala di dunia saja (maka ia merugi), karena di sisi Allah ada pahala dunia dan akhirat. Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa : 134).

Memang tidak mudah mengajak diri mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pesona dunia sangat menggoda dan melalaikan. Namun, manusia bukannya tak mampu melampauinya. Sebab, mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu adalah fitrah.

Fitrah Mencintai ALLAH

Saat kita menengadahkan kepala ke langit, atau berjalan di hamparan bumi nan luas, atau berlayar di samudera yang tak bertepi, maka hati kita akan tergetar. Begitu juga ketika kita mempelajari fenomena air yang mampu menyuburkan tanah, berbagai jenis hewan yang tersebar di seluruh permukaan bumi, bahkan sampai ke dasar samudera, angin bertiup yang tak terlihat sumbernya, awan yang menaungi laksana payung tampa tiang, membuat hati kita terkagum-kagum.

Tapi, orang yang hanya melihat semua itu dari mata lahiriah, akan berhenti sampai pada sesuatu yang tampak secara inderawi saja. Padahal kita diperintahkan agar tidak hanya menyaksikan sesuatu yang tampak saja, melainkan juga memikirkan di balik yang tampak tersebut. Dialah Sang Pencipta.

Al-Qur`an bahkan memuat anjuran ini pada ayat yang turun pertama kali. “Iqra` bismirabbikalladzi khalaq.” Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan.” Ketika kita menyadari bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah pencipta diri dan kehidupan kita maka secara fitrah kita akan cinta dan rindu kepada-Nya. Ini sama seperti fitrah cinta kita kepada kedua orang tua yang menjadi “sumber” keberadaan kita.

Bahkan, cinta kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan berlipat kali cinta kita kepada kedua orang tua. Sebab, pemberian dan kasih sayang yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala jauh melebihi pemberian dan kasih sayang kedua orang tua kita.


ALLAH Cinta Sejati

Ingatlah ! Segala sesuatu yang ada di dunia ini, juga segala yang kita cintai, pada hakekatnya adalah kepunyaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dalam hal apa pun kita mencintai sesuatu, baik keindahannya, kasih sayangnya, kebaikannya, sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala melebihi semua itu.

Jika kita mencintai seseorang karena merasakan kasih sayangnya, maka bandingkanlah dengan kasih sayang Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jika kita merasa kagum dengan segala kebaikan seseorang maka bandingkanlah dengan kebaikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semua perbandingan itu akan menyadarkan kita bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang, melebihi apa pun.

Jadi, jangan berhenti hanya sampai mencintai sesuatu yang tampak di depan mata. Teruskan perjalanan cinta itu hingga sampai kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.Begitulah karakter orang-orang yang beriman sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala Ta’ala : ”Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah,” (QS.Al-Baqarah : 165).


Meraih Cinta ALLAH

Tentu saja kita berharap cinta kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah cinta yang berbalas, bukan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Kita tidak boleh egois dalam mencintai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita tak boleh mencintai semau kita sendiri. Bagaimana caranya agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga mencintai kita? Untuk menjawab ini maka tanyakan kepada diri kita terlebih dahulu, apakah pantas kita dicintai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala?

Jika belum maka buatlah agar diri kita pantas. Nilailah diri kita, bukan dari seberapa banyak kenikmatan yang telah kita dapatkan, tetapi seberapa besar manfaat yang telah kita perbuat selama hidup. Kita bekerja bukan untuk bermegahmegahan, tetapi untuk memberi manfaat sebesar-besarnya kepada orang lain.Nilai pula diri kita apakah selama ini kita telah mengikuti tuntunan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya secara benar? Sebab, secara jelas Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

”Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku (Rasulullah), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran : 31)

Apabila kita merasa banyak dosa, segeralah bertaubat dengan menyucikan diri agar kita kembali mendapat cinta-Nya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman :

”Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.Al-Baqarah : 222)

Meraih cinta-Nya juga dengan cara memperbanyak amalan kebaikan, menjalankan amalan yang difardhukan, dan mengistiqamahi amalan yang disunnahkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Bersabda :

”Tidaklah ada sesuatu yang mendekatkan seorang hamba kepada-Ku yang lebih Aku sukai daripada kewajiban yang Aku fardhukan padanya. Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah, kecuali Aku mencintainya.” (Riwayat Bukhari).

Kita semua pasti akan kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Saat kita kembali nanti, semua yang kita miliki akan kita tinggalkan. Apa saja yang kita cintai akan terlepas. Hanya ridha Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang menjadi harapan. Kita ingin kembali kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam keadaan ridha dan diridhai. Kita senang kembali kepada-Nya dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga senang menerima kita. Itulah visi akhir hidup yang harus kita raih.

Manusia yang paling sengsara di akhirat adalah manusia yang paling kuat cintanya kepada dunia. Sedangkan manusia yang paling bahagia di akhirat adalah yang paling kuat cintanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berbahagialah mereka yang dipanggil Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam keadaan hati yang ridha lagi diridhai. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

”Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (QS. Al Fajr “ 27-30).

Sahabat-sudaraku fillah.. yang di Rahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, Mudah-mudahan manfaat buat kita semua,yang benar haq semua datang-Nya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,Yang kurang dan khilaf mohon sangat dimaafkan ’’Akhirul qalam “Wa tawasau bi al-haq Watawa saubil shabr “.Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala . senantiasa menunjukkan kita pada sesuatu yang di Ridhai dan di Cintai-Nya..Aamiin Allahuma Amiin…




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar