Rabu, 07 Maret 2012

Perhatikan Penampilan Namun Jangan Berlebihan

















Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 
Sahabat saudaraku fillah..pada umumnya ketika berjumpa dengan orang lain yang dilihat pertama kali adalah penampilan. Oleh karena itu seorang muslim yang baik hendaklah memperhatikan penampilan sebagai bentuk penjagaan terhadap harga diri kita sekaligus sebagai penghormatan terhadap orang lain . Sesungguh...nya Islam menginginkan umatnya baik laki-laki maupun wanita mempunyai penampilan yang rapi dan enak dipandang, bukan berpenampilan acak-acakan yang tidak enak dipandang dan menyesakkan dada. Ketika kita berpenampilan yang tidak rapi janganlah menjadikan zuhud dan tawadhu’ sebagai pembelaan. Rasululllah adalah figur yang paling tawadhu’ tapi beliau memakai pakaian yang baik, selalu berdandan untuk keluarga dan sahabat-sanabatnya. Bahkan beliau menganggap penampilan yang rapi dan menawan adalah bukti syukur terhadap nikmat Allah.” Sesungguhnya Allah senang melihat pengaruh nikmat-Nya yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya.”(HR.Tirmidzi-Hakim).

Saudaraku..selama memperindah diri tidak melampaui batas maka hal itu tidak dilarang oleh Allah.” Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS.Al-A’raf:31). Salah seorang sahabat Rasulullah bernama Abu Hanifah ketika berjumpa sahabatnya yang mengenakan pakaian yang sudah rusak beliau mengingatkan;” Sesungguhnya Allah senang melihat nikmat-Nya yang diberikan kepada hamba-Nya. Oleh karena itu kamu harus mengubah penampilanmu sehingga kamu tidak direndahkan oleh rekanmu.”Subhanallah...

Bagi para muslimah memperindah diri dengan penampilan bukan berarti memamerkan wajah dan tubuh kepada sembarang orang dan kepada pria yang bukan mahramnya. Bukan seperti itu saudaraku. Namun tetaplah berpakaian yang rapi, menutup aurat dan tidak berhias secara berlebihan cukuplah sesuai keperluan dan tetap memperhatikan keserasian.Saudaraku... Sesungguhnya keindahan wajah dan tubuh wanita bagaikan berlian. Sudah tentu berlian mahal harganya, selalu dijaga,dirawat oleh pemiliknya dan tidak dipertontonkan kepada sembarang orang. Karena sudah fitrah manusia menyukai sesuatu yang baru dan belum tersentuh. Sudah tabiat manusia menyukai sesuatu yang tersembunyi. Maka jagalah keindahan diri kita agar kelak hanya pendamping kita yang berhak atasnya. Dengan begitu kita telah menunjukkan citra sebagai muslimah yang pandai menjaga kesopanan dan kehormatan diri untuk kebahagiaan hakiki.

Sahabat saudaraku fillah ..silahkan di Tag/Share.Semua untuk umat dan syiar Islam, silahkan saling bantu tag sahabat-sahabat yang lain.

~ Salam santun erat silaturahmi dan ukhuwah fillah~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar